Membuat Rumah Vs. Membeli Rumah

Membuat Rumah Sejasa
Properti

Rumah merupakan salah satu kebutuhan mutlak bagi manusia. Selain tempat istirahat, rumah juga menjadi tempat privat bagi pemiliknya. Namun, sekarang ini rumah bukan hanya sebatas tempat berlindung saja. Pada masa lalu, proses untuk memiliki rumah tidaklah mudah. Seseorang harus memiliki tanah serta mempersiapkan sendiri pembangunannya. Namun, kini sudah banyak rumah yang siap dihuni. Biasanya, rumah-rumah tersebut berada dalam satu lingkungan yang sama. Sebenarnya, lebih baik membuat rumah atau membeli rumah ya? Simak ulasannya berikut ini.

Membuat Rumah Sejasa

Keuntungan membuat rumah

1.    Membuat rumah sesuai selera

Ketika membuat rumah sendiri, anda bisa mendesign sesuai selera. Misalnya ketika ingin memiliki ruang rahasia di bagian kamar tidur. Selain itu, anda juga dapat memilih sendiri warna dinding, lantai, serta letak furniture. Jadi, anda akan mengatur rumah secara detail. Namun, anda tidak bisa mengaturnya sesuka hati. Pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan arsitek. Selain itu, sesuaikan juga keinginan-keinginan anda dengan budget yang tersedia.

2.    Mengetahui detail rumah

Karena membuat sendiri, anda tentu akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Jika ada masalah, tentu anda akan lebih cepat menemukan penyebabnya. Misalnya rumah yang atapnya sering bocor. Ternyata, anda memang menggunakan pelapis atap yang kualitasnya buruk. Hal ini berbeda jika anda membeli rumah. Anda tidak tahu sama sekali bahan bangunan seperti apa yang digunakan.

Kerugian membuat rumah

1.    Biaya lebih mahal

Sebelum membangun rumah, anda perlu mempertimbangkan besarnya biaya yang dibutuhkan. Anda harus menyediakan tanah untuk membangunnya. Sementara itu, menemukan tanah kosong bukanlah hal mudah. Apalagi jika anda tinggal di kota-kota besar. Seiring berjalannya waktu, harga tanah juga semakin meningkat. Selain tanah, anda juga perlu memperhitungkan biaya pengerjaan dan bahan bangunan.

2.    Membutuhkan waktu lama

Proses pembangunan rumah bukanlah proses yang instan. Setelah memiliki tanah, anda harus mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terlebih dahulu. Kemudian, anda juga harus mencari bahan bangunan dan pemborong. Sementara itu, pengerjaannya membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Untuk rumah berukuran 50 meter persegi, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 4 bulan. Semakin kompleks suatu rumah, semakin lama juga pengerjaanya.

Keuntungan membeli rumah

1.    Biaya lebih murah

Jika membuat rumah, anda harus menyiapkan banyak biaya. Biaya tersebut dibutuhkan mulai dari membeli tanah hingga menyelesaikan pembuatan rumah. Namun, ketika membeli rumah anda cukup mengeluarkan biaya sekali. Secara logika, rumah siap huni juga akan lebih murah daripada rumah yang dibangun sendiri. Hal ini dikarenakan rumah siap huni biasanya dikerjakan secara kolektif.

2.    Menghemat waktu

Jika membeli rumah, anda tidak perlu repot-repot mengurus perizinan. Anda juga tidak perlu mencari pemborong dan menunggu selama berbulan-bulan. Setelah pembelian disepakati, rumah akan dapat langsung ditempati. Hal ini tentu memudahkan anda ketika mengalami keadaan mendesak harus berpindah rumah.

Kerugian membeli rumah

1.    Pilhan terbatas

Rumah-rumah siap huni memiliki design yang sama. Jadi, anda tidak dapat menentukannya sesuai keinginan anda. Jika membeli rumah di kompleks, anda juga harus bersaing dengan pembeli lain. Jika terlambat melakukan pemesanan, anda bisa mendapatkan rumah yang tidak strategis. Misalnya saja seperti rumah di bagian pojok kompleks.

2.    Tidak mengetahui detail rumah

Jika membeli rumah, anda tidak mengetahui seberapa baik kualitas bahan bangunannya. Hal ini berlaku pada rumah bekas maupun rumah baru. Padahal, penting bagi pemilik untuk mengetahui detail pembangunan rumahnya.

Membuat atau membeli rumah tentu kembali lagi ke pemiliknya. Jika ingin melihat proses rumah anda dibangun, buatlah sendiri rumah anda. Anda dapat mengatur setiap sudut rumah sesuai keinginan. Sementara jika anda tidak ingin repot, anda bisa membeli rumah siap huni. Anda cukup mencari rumah siap huni yang paling sesuai dengan keinginan anda.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apartemen Dijual
Properti
Cara Desain Apartemen Agar Tampak Lebih Lapang Dan Nyaman

Banyak masyarakat saat ini yang membutuhkan tempat tinggal dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang memadai. Sebagian besar dari mereka memilih untuk tinggal dan membeli apartemen atau perumahan bersubsidi dengan harga yang cukup terjangkau. Sayangnya luas apartemen yang terbilang terbatas menjadi hambatan. Namun sebenarnya hambatan seperti ini masih bisa diatasi. …